MODEL KEPUTUSAN MEMILIH PRODUK BERDASARKAN ATRIBUT PRODUK, PROMOSI DAN KOMITMEN RELIGIUS DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH PRODUK TABUNGAN DI BANK SUMUT SYARIAH

Authors

  • Muhammad Zuardi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Muslim Marpaung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.20414/ijhi.v21i2.571

Keywords:

Atribut Produk, Promosi, Komitmen Religius, Keputusan Memilih, Loyalitas Nasabah

Abstract

Tantangan yang dihadapi Bank Sumut Syariah semakin kompleks, karena tidak hanya berupaya menarik dana dari masyarakat Sumatera Utara yang beragama Islam namun juga bersaing dengan beberapa bank syariah yang terus melakukan ekspansi. Dana pihak ketiga dari produk tabungan di Bank Sumut Syariah lebih rendah dibanding dari produk Deposito dan Giro. Keputusan memilih produk tabungan Bank Sumut Syariah diduga dipengaruhi oleh berbagai faktor, dalam penelitian ini dibatasi pada faktor atribut produk, promosi dan komitmen religius. Jika keputusan memilih produk tabungan meningkat hal ini mengindikasikan meningkatnya loyalitas nasabah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor atribut produk, promosi dan komitmen religious terhadap keputuasn memilih, serta bagaimana pengaruh keputusan memilih terhadap loyalitas nasabah. Teknik Sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan alat analisis data adalah Structural Equation Model. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan Atribut Produk Tabungan terhadap Keputusan Memilih produk tabungan di Bank Sumut Syariah. Terdapat pengaruh Keputusan Memilih terhadap Loyalitas Nasabah. Terdapat pengaruh yang signifikan Komitmen Religius terhadap Keputusan Memilih produk tabungan Bank Sumut Syariah. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Promosi terhadap Keputusan Nasabah Memilih produk Tabungan Bank Sumut Syariah.

Author Biographies

Muhammad Zuardi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Nurhayati Nurhayati, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Muslim Marpaung, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

References

Aditi, B., 2017, The Effect Of Atributes Product’s Analysis, Halal Certification, And Product
Innovation To The Interest Of Consumer Buying-Back Through The Advantage
Competitive Of Micro Small And Medium Business (MSMB) In Medan The Effect Of
Atributes Product’s. Journal of Physics Conference, 930(1), 1-6.
Ali, Karmila, 2017. Pengaruh Promosi dan Atribut Produk terhadap Keputusan Nasabah dalam
Memilih Tabungan Ekasave pada Bank Eka Kantor Pusat Metro, e-repository Salatiga.
Ghozali, Imam, 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Badan Penerbit
Universitas Diponegoro, Semarang.
Hair, Joseph, Hult, G., Ringle, C., & Sarstedt, M. 2014. A Primier On Partial Least. Squares
Structural Equation Modeling (PLS-SEM). America: SAGE. Publication
Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Dasar-Dasar Perbankan, Bumi Aksara, Jakarta
https://www.cnbcindonesia.com/market/20200630194002-17-169235/kejarprovokator-rush-money-bukopin-ojk-libatkan-kepolisian, diakses 13 Januari
2022
https://fst.walisongo.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Artikel_Lenni-KhotimahHarahap.pdf
Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Sumatera Utara Triwulan IV, 2020, Hlm. 26
Kustiningsih, Eka Wundi Lilis, 2014. Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Keputusan
Menjadi Nasabah Tabungan Faedah Bank Bri Syariah Cabang Samarinda, eJournal Ilmu
Administrasi Bisnis, Universitas Mulawarman Samarinda, Hlm. 75
Melewar, T.C. and John Saunders, 2000. Global Corporate Visual Identity Systems : Using an
Extended Marketing Mix, European Journal of Marketing, Vol. 34 No. 5/6,
Nugroho, Robertus Andy, Nawazirul Lubis, Apriatni EP, 2014. Pengaruh Produk dan Promosi
Terhadap Keputusan Menabung Tabungan Simpedes di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero)
Tbk. Cabang Semarang Pattimura. JIAB, Vol. 3 Nomor 4, Semarang.
Payne, Adrian, The Essence of Service Marketing, Diterjemahkan oleh Fandy Tjiptono, Edisi
II, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007, Hlm. 34
Rosseel, Yves. 2012, Lavaan: An R Package for Structural Equation Modeling, Journal of
Statistical Software, May 2012, Volume 48, Issue 2., http://www.jstatsoft.org/
Sari, Kartika dan Budi Prijanto, 2016. Pengaruh Tingkat Loyalitas Nasabah Pada Dana Pihak
Ketiga Industri Perbankan di Indonesia, https://eprints.unisbank.ac.id/191/1/ artikel27.pdf, diakses tanggal 21 Desember 2016, jam 18.31
Wib
Sinulingga, Sukaria,
Metode
Penelitian, 2011, USU Press, Medan, 2011, Hlm.
92
Sugiyono,
Metode Penelitian
Bisnis, 2016. Alfabeta,
Bandung
Tambunan,
Monang
Ranto
dan
Inggrita
Gusti
Sari
Nasution,
2013.
AnalisisFaktor-Faktor

Yang

Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank BCA Kota Medan, Jurnal
Ekonomi dan Keuangan, Vol.1 No. 3 Februari, 2013, Hlm. 192
Trianto, Budi, 2016. Riset Modeling, Edisi Kedua, Adh Dhua Insstitute, Pekanbaru, 2016
Yamin, Sofyan dan Heri Kurniawan, 2019. Structural Equation Modeling dengan Lisrel – PLS,
Salemba Empat, Jakarta

Published

2023-01-28