FIQH PEMASARAN (Melacak Gagasan Syari’ah Marketing Hermawan Kartajaya)

Authors

  • Junaidi Abdillah UIN Walisongo Semarang
  • Suryani Suryani IAIN Lhoksuemawe Aceh

DOI:

https://doi.org/10.20414/ijhi.v18i1.152

Keywords:

marketing, syari’ah, fiqh, mu’amalah, spiritual

Abstract

Pemasaran adalah strategi yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan sebuah lembaga.Banyak organisasi bisnis, lembaga, organisasi “gagal†bahkan hancur karena salah menerapkan strategi pemasaran (marketing) itu sendiri. Gagasan syari’ah marketing oleh Hermawan Kartajaya merupakan ijtihad di bidang ekonomi syariah.Ketika dunia ekonomi kapitalistik telah rusak dengan praktik-praktik massif korupsi, fikih pemasaran Hermawan menarik untuk dibedah dan ditawarkan obat bagi pelaku pemasaran.Menariknya, gagasan Hermawan tidak bersifat simbol-label syariah saja. Namun lebih
mengupas pada esensi pada ranah spiritual. Karenanya tulisan ini akan mendisplay konsep Hermawan Kartajaya tentang syari’ah marketing. Dengan pendekatan hermeneutika dan content analysis tulisan ini mengelaborasi konstruk pemikirakaitannya dengan dinamika pemasaran dalam era revolusi industri 4.0.Elaborasi ini bertujuan aspek aksiologi Hermawan Kartajaya dengan gagasan syari’ah marketingnya dalam era ekonomi dan pemasaran yang serba digital.

Author Biographies

Junaidi Abdillah, UIN Walisongo Semarang

Dosen UIN Walisongo Semarang

Suryani Suryani, IAIN Lhoksuemawe Aceh

Dosen IAIN Lhoksuemawe Aceh

References

Adnan, Muhammad, Islam Sosialis ; Pemikiran Sistem Ekonomi Sosialis Religius Sjafruddin Prawiranegara, Yogyakarta: PP dan Menara Kudus, 2004.
Covey, Stephen R., The 8thHabits ; From Effectiveness to Greatness, New York : London, Toronto : Simon Schuster Publishing, 2004.
Dagun, Save M., Kamus Besar Ilmu Pengetahuan, Jakarta : Edisi II, 2006
Gunara, Thorik dan Utus Hardiono, Marketing Muhammad; Strategi Bisnis Nabi Muhammad dalam Memenangkan Persaingan Pasar”, Bandung: Takbir-Publishing, 2007
Hedrick, Guy dan Dr. Kate Luthman, The Corporate Mystic, Jakarta: Gramedia, 2003
Kartajaya, Hermawan dan AA Gym, Berbisnis dengan Hati, Jakarta : MarkPlus & Co, 2005
Kartajaya,Hermawan, Hermawan Kartajayaon Marketing, Jakarta : PT Gramedia Utama, 2003
Kartajaya, Hermawan, Marketing in Venus, Jakarta : PT Gramedia Utama, 2006
Kartajaya, Hermawan, MarkPlus on Strategy, Jakarta : PT Gramedia Utama, 2002
Keegan, Wareen J., Manajemen Pemasaran Global, Jilid I, Jakarta : Prehalindo and Prentice Hall, 1996.
Khallaf, Abd al Wahhab, Ilmu Ushul al Fiqh, Kuweit : Dar al Qalam, Cet. ke-14, 1990.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran dan Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta : Prehalindo and Prentice Hall, 1997
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Dasar-dasar Pemasaran dan Prinsip-prinsip Pemasaran,Jakarta : Prehalindo and Prentice Hall, 1996.
Lubis, Suhrawardi K., Hukum Ekonomi Islam, Medan : PT Sinar Grafika, 1999
al-Nabhani, Yusuf Ibn Ismail, Wasa’il al Wushul ila Syamail al Rasul, t.k. : Dar al Minhaj, cet. II, 2004.
Naisbitt, John dan Patricia Abudance, Megatrend 2000, Terj. Megatrend 2000, Jakarta: Paramadina, 1995.
Nasr, Sayyid Hossein, Islam Antara Cita-cita dan Fakta, terj.Abdurrahman Wahid, et. all, Jakarta: Panca Gemilang Indah, 1988.
Qardhawy, Yusuf, al-Madkhal li Dirasah al Syariah al Islamiyyah ,Kairo : Maktabah Wahbah, 1990.
Qardhawy, Yusuf, Daur al Qiyam wa al Akhlaq fi al Iqtishad al Islami, terj. Zainal Arifin, “Norma dan Etika Ekonomi Islam, Cet. 1, Jakarta : Gema Insani Press, 1997.
Rahmat, Jalaluddin, Rekonstruksi dan Renungan Religius Islam, Jakarta: Paramadina, 1996.
Rasyid, Sulaiman, Fiqh Islam, Cet. XX, Bandung : CV Sinar Baru Bandung, 1992.
Rofiq, Ahmad, Fiqh Kontekstual, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004
Sula, MuhammadSyakir dan Hermawan Kartajayaja, Syari’ah Marketing, Bandung : Mizan, 2006
Sumarni, Murti, Manajemen Pemasaran Bank, Yogyakarta : Libertu Yogyakarta, 2002
al-Suyuthi, Jalaluddin Abd ar-Rahman, al Jami’ al Saghir fi Ahadits al Basyir wa al Nadzir, Mesir : Dar al Thiba’ah ‘Amirah, 1286 H.
al-Suyuthi, Jalaluddin Abd ar-Rahman, al-Asybah wa al-Nadhair,Singapura: Sulaiman Mar’i, t. t.th.
Syaltut, Mahmud, al Islam ; Aqidah wa Syariah, Beirut : Dar al Fikr, 1996.
Syukur, Amin, Zuhud di Abad Modern, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1997.
Tjiptono, Fandy, Strategi Bisnis dan Manajemen, Yogyakarta : ANDI penerbit, 1996.

Published

2019-09-22

Issue

Section

Articles